WORLD CLEAN UP DAY bersama ALAM RIANG


Secara serentak ,15 September 2018 adalah puncak acara World CleanUp Day Indonesia . Hari ini seluruh masyarakat ikut berpartisipasi untuk membersihkan sampah. Tak mau ketinggalan dalam aksi ini, Komunitas Taman Baca Alam Riang didukung penuh oleh Green-books.org bersama melakukan aksi bersih-bersih sampah di Kebun Raya Purwodadi. 

World CleanUp Day secara serentak akan dilaksanakan di 150 negara kurang lebih melibatkan sekitar 10 persen atau lebih dari 350 juta penduduk terlibat dalam aksi ini.  World Cleanup Day menjadi aksi bersih-bersih terbesar di dunia saat ini.

Kebun Raya Purwodadi, yang sejatinya adalah tempat kita bermesraan dengan alam pun, tak luput dari tangan tangan malas yang membuang sampah sembarangan.  Dalam aksi ini, kami memungut sampah yang berserakan dan mengumpulkan nya dalam 1 tempat besar dan juga menempatkannya pada tempat-tempat sampah sebagai mana mestinya. ternyata aksi kecil ini, jika kita lakukan secara bersama akan bisa berdampak nyata. tetapi yang lebih penting adaah mengurangi sampah terutama sampah plastik. 

Selain melakukan bersih bersih bersama secara serentak, kami pun bermaain bersama adik-adik Alam Riang. Permainan "Find A Tree By The Shape" mencari pohon berdasarkan bentuknya, adalah Permainan yang sangat seru. Dalam permainan ini, adik-adik harus metutup mata , dan dihantarkan ke pohon yang telah ditetapkan, setelah mereka merasakan bentuk pohon mulai dari besarnya, ukurannya dan tekstur bahkan baunya, selanjutnya, adik-adik akan diputar-putar sejenak, kemudian saat tutup mata dilepas, mereka harus mencari pohon tersebut. dan ternyata tidak lah mudah, ada beberapa adik-adik yang salah menebak pohon yang dipegang sebelumnya.
Dalam permainan ini kita belajar betul-betul menggunakan indera pendengaran dan peraba kita untuk menebak pohon yang benar.

selain  permainan tersebut, masih juga kami melakukan permainan Bingo seperti pada Program Bird Watcing sebelumnya, dan juga kakak-kakak dari ALam Riang mendongeng tentang Hewan-hewan di hutan dengan mengunakan boneka binatang.

selamat hari bersih-bersih sedunia.. semoga bumi yang kita tinggali ini tetap indah dan nyaman, dan tak ada lagi sampah sampah berserakan yang menutupi keindahannya.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUKA PUASA CERDAS BERSAMA ALAM RIANG

Program “Pengamatan Burung di Alam Liar” (Bird Watching) sesi 1

POSYANDU REMAJA, MUDA DAN PRIMA