PILAH SAMPAHMU DAN BERKARYALAH

Bergiliran memasukkan sampah sesuai jenisnya.
 Minggu lalu kegiatan kami berfokus pada kegiatan lingkungan, adik-adik belajar tentang Eco-Activity #11 Pemisahan Sampah.
Tujuannya agar mereka mengenal lebih jauh tentang perbedaan sampah organik dan non-organik, serta bagaimana cara mengelola setiap jenis sampah dengan baik. untuk adik-adik yang ada dikelas tinggi (kelas 3 keatas) sudah cukup memahami apa itu sampah organik dan sampah non organik. mereka pun tau apa dampaknya pada lingkungan. karena sampah non-oerganik tidak dapt terurai.
edukasi awal tentang sampah organik dan non organik
membantu adik belajar
sedangkan untuk adik-adik dikelas rendah (Pra-sekolah -kelas 2 SD) mereka masih kesulitan dengan istilah orgnik dan non-organik. Dengan belajar sambil bermain, adik-adik tahu jenis-jenis sampah dan dapat membedakannya. mereka pun dilatih dengan membentuk Tim, kakak yang lebih tahu, membantu adik-adik yang belum paham.





Acara berlanjut denagn membuat lampu lampion dari benang, ketrampilan ini dilakukan untuk para pemuda berkarya. Dibantu oleh mas Bayu, Kakak-kakak Pemuda Berkarya antusias membuat mapion ini. bahan yang dibutuhkan pun sangat sederhana dan mudah didapat serta murah,
1. Benang jahit warna
2. Bola tiup
3. Lem Rajawali.
cara nya adalah, bola ditiup sampai penuh, setelah itu benang di lilitkan sampai seluruh permukaan bola hampir tertutup, setelah itu bola di kuas menggunakan lem rajawali yang sebelumnya dicampur dengan air. setelah itu dikeringkan, setelah kering, bola dikempeskan dan diambil dari dalam lampion. taraaaa... selesai. lampion cantik warna - warni sudah jadi. tinggal menambahkan lampu sesuai kebutuhan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUKA PUASA CERDAS BERSAMA ALAM RIANG

Program “Pengamatan Burung di Alam Liar” (Bird Watching) sesi 1

POSYANDU REMAJA, MUDA DAN PRIMA