BEBAS BAGAIKAN BURUNG (dengan Binokular)


Setelah beberapa kali Taman Baca Alam Riang berkesempatan  melakukan pengamatan burung  Alam Liar di kebun Raya Purwodadi, Akhirnya Binocular yang ditunggu pun sampai .Berbekal buku Panduan Lapangan dan juga Binocular ditangan, Program ini jadi lebih menantang dan membuat seluruh peserta menjadi lebih semangat.
Program Pengamatan burung ini dilakukan  paling efektif adalah dipagi hari  selama 3 jam setelah matahari terbit, dan 3 jam sebelum matahri tenggelam. Kami berkesempatan berada Kebun Raya Purwodadi untuk melakukan pengamatan di sore hari sekitar pukul 15.00-17.00. untuk lebih bisa mendapatkan hasil maksimal , ada beberpa hal yang perlu dipersiapkan :
1. Binokular
Binokular adalah alat bantu untuk mengamati burung pada jarak jauh, terutama burung kecil atau yang berada di area tersembunyi seperti pohon yang lebat.

2. Buku panduan
inti dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui jenis burung yang kita temukan di alam liar. maka, dibutuhkan panduan berupa informasi jenis burung yang bisa ditemukan di lokasi pengamatan.

3. Buku catatan dan alat tulis
bagi pemula, buku catatan bermanfaat untuk membuat sketsa sederhana untuk dicocokan dengan buku panduan identifikasi burung.

4. Pakaian yang sesuai
selain bahan yangt nyaman digunakan, ternyata  kita juga perlu memakai pakaian dengan warna yang senada dengan alam. warna yang disarankan antara lain : hijau, cokelat, hitam, krem dan abu abu)


Selama pengamatan burung berlangsung, anak-anak sangat antusias, mereka melakukan pengamatan dalam beberapa kelompok kecil, dipandu oleh kakak-kaka dari Alam Riang dan Pemuda Berkarya. keributan sempat terjadi ketika mereka berebut binokular , padahal, dalam melakukan pengamatan yang harus dilakukan adalah tetap tenang dan menghindari keributan agar burung tidak merasa terganggu. akhirnya, kami pun membagi tugas secara bergantian. Ada yang bertugas memperhatikan/ mendengan suara kicauan burung, mengamati dengan binocular, melihat buku panduan dan membuat sketsa serta catatan.

sungguh, pengalaman berharga bagi keluarga Alam Riang. semoga ini dapat menginspirasi keluarga Indonesia untuk lebih sayang dan melindungi Flora dan Fauna kekayaan Alam Indoneisa.

terimakasih kepada Green-Book.org dengan dukungan dari Waza (Asosiasi Kebun Binatang dan Akuaria Dunia) Kebun Binatang Ostrava Republik Ceko dan Silent Forest Uni Eropa.

sampai jumpa di Pengamatan Burung dilain waktu dan di tempat-tempat lain di seluruh Indonesia.
salam Hijau

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUKA PUASA CERDAS BERSAMA ALAM RIANG

Program “Pengamatan Burung di Alam Liar” (Bird Watching) sesi 1

POSYANDU REMAJA, MUDA DAN PRIMA